3 Langkah Mudah Turunkan Berat Badan

14 November 2016

Banyak orang yang melakukan diet memilih untuk sama sekali tidak makan, agar berat badan turun dengan cepat dan drastis. Namun, hal tersebut sangat tidak efektif. Tubuh kita tidak bisa dipaksakan begitu saja dengan tidak menyantap hidangan sama sekali.

Diet, bagi sebagian orang sangat sulit. Mereka yang sudah berusaha keras kadang masih saja gemuk. Ternyata semua langkah memang harus sejalan dengan makanan yang kamu makan selama melakukan diet.

Karena banyak orang yang tak mengatur menu dan porsi makannya, berat badan mereka mungkin berkurang sedikit, namun masih saja gemuk. Sebenarya ada sejumlah langkah sederhana untuk menurunkan berat badan. Cara yang mudah ini bisa dijalankan tanpa rasa lapar apalagi menahan lapar.

Selain itu diyakini bisa memperbaiki sistem metabolisme dan kesehatan kita. Seperti dilansir dari Grivy, berikut ini 3 cara untuk menurunkan berat badan yang patut dicoba.

Olahraga

 

 

Hal yang satu ini memang wajib dan tak boleh dilupakan. Olahraga sebaiknya dilakukan semua orang, apalagi mereka yang menjalani program penurunan berat badan. Tak perlu berlebihan, olahraga ringan dan rutin saja sudah cukup.

Misalnya dengan angkat beban yang dibuka dengan pemanasan dan diakhiri dengan stretching. Kalau angkat beban tidak termasuk dalam daftar pilihan kamu, latihan kardio seperti lari, berenang, atau jalan juga dapat dilakukan. Tiga pilihan terakhir ini lebih mudah dan murah, apalagi lari dan jalan.

Kurangi Konsumsi Gula dan Karbohidrat

 

 

Ini merupakan langkah yang terpenting karena sumber makanan tadilah yang merangsang insulin paling besar. Sekedar informasi, insulin adalah tempat penyimpanan utama lemak di tubuh. Keuntungan lain dengan rendahnya kadar insulin adalah berkurangnya kandungan sodium dan air yang tidak diperlukan tubuh. Dengan begitu kamu tidak akan lagi berasa ‘bengkak’.

Metode diet mengurangi lemak sangat bergantung pada sistem penghitungan kalori yang masuk ke dalam tubuh, namun masih memungkinkan kita merasa lapar. Sedangkan dengan metode memangkas gula dan karbohidrat sudah otomatis akan mengurangi kalori dan kita pun bisa mengonsumsi zat lain dengan bebas. Selain itu, kamu boleh mengambil cuti 1 hari dengan mengonsumsi karbo. Tapi, sebaiknya pilih sumber karbo yang baik, seperti gandum, beras dan kentang.

Konsumsi Protein, Lemak, dan Sayuran

 

 

Tanpa karbohidrat dan gula, menu makanan kita harus mengandung tiga hal berikut, yaitu sumber protein, sumber lemak, dan sayuran rendah karbohidrat. Sumber protein bisa diperoleh dari daging sapi, ayam, kambing, telur, ikan dan makanan laut lainnya. Diet tinggi protein juga baik untuk membuat kita merasa kenyang dan tidak sering terobsesi dengan makanan.

Untuk sayuran, kamu bisa mengonsumsi brokoli, kembang kol, bayam, kale, kol, brussel sprouts, swiss chard, seladan, timun dan seledri. Konsumsi sayuran sebanyak-banyaknya tidak akan mengganggu diet kamu. Diet yang berbasis pada daging dan sayuran mengandung serat, vitamin, dan mineral yang justru dibutuhkan oleh tubuh.

Sedangkan sumber lemak bisa diperoleh dari minyak zaitun, minyak kelapa, minyak alpukat, mentega. Sumber lemak terbaik adalah dari minyak kelapa karena mengenyangkan sekaligus memperbaiki metabolisme tubuh. Kita bisa makan dengan metode ini sebanyak 2-3 kali sehari.

 

henryhens

http://www.bintang.com/sex-health/read/2648017/3-langkah-mudah-turunkan-berat-badan